Spread the love

Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk memilih jenis usaha apa yang cocok untuk kalian jalankan. Jika kalian tertarik untuk membuka usaha seperti perdagangan, ada baiknya kalian memulainya dengan mendaftarkan usaha milik kalian tentunya dan mendapatkan perizinan yang diperlukan. Biasanya surat izin untuk menjalankan usaha tersebut bernama SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

Kenapa Perlu Membuat Siup

SIUP ini sangat diperlukan serta diwajibkan terutama bagi kalian perseorangan maupun badan usaha yang memiliki usaha perdagangan tadi. Banyak yang berpikiran bahwa perizinan semacam itu hanya dibutuhkan oleh skala usaha yang sudah besar saja, namun ternyata usaha dengan skala kecil juga memerlukannya

Beberapa Jenis Siup

Bagi kalian yang masih awam mengenai SIUP ada baiknya kalian mengetahui berbagai macam jenis dari SIUP ini. Berikut ini adalah beberapa jenis SIUP yang perlu untuk kalian ketahui dimana pembagian ini berdasarkan dari besar modal yang digunakan ketika melakukan pendirian usaha.

  • SIUP Besar ( modal usaha diatas Rp500.000.000)
  • SIUP Menengah ( modal usaha berkisar antara Rp200.000.00 – Rp500.000.000)
  • SIUP Kecil (modal usaha serta kekayaan lebih kecil atau sama dengan Rp200.000.000)

Untuk tempat pembuatan dari SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) biasanya dilakukan di Kantor Dinas Perdagangan pada tingkat Kabupaten ataupun Kotamadya ataupun bisa dilakukan di Kantor Pelayanan Perizinan (untuk beberapa tempat terdapat BP2T atau kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu).

Jenis Usaha Untuk Membuat Siup

Sebelum kalian melakukan pembuatan SIUP maka ada baiknya kalian memerlukan dokumen yang diperlukan terlebih dahulu. dimana dokumen tersebut diperlukan sebagai syarat-syarat administrasi. Untuk syarat administrasi ini biasanya dibedakan, pembedaan tersebut berdasarkan jenis atau bentuk dari usaha yang dijalankan. Untuk pembagiannya sebagai berikut.

  • Perseroan Terbatas (PT)
  • Koperasi
  • Perusahaan Perseorangan
  • Perusahaan Perseroan Terbuka (Tbk)

Langkah-Langkah Pembuatan SIUP

Jika kalian sudah mempersiapkan persyaratan administrasi yang dibutuhkan sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan, maka langkah selanjutnya yaitu pembuatan SIUP tadi. Adapun beberapa langkah-langkah yang harus kalian lalui adalah sebagai berikut ini.

  • Mengambil formulir/surat permohonan

Untuk mendapatkan formulir ataupun surat permohonan tadi kalian bisa langsung datang ke Kantor Dinas Perdagangan yang ada di kota kalian ataupun bisa datang ke Kantor Pelayanan Perizinan. Jika kalian tidak memiliki waktu untuk mengurusnya sendiri maka kalian bisa menyerahkannya pada orang lain yang sebelumnya sudah kalian beri kuasa.

  • Mengisi Dan Menandatangani Formulir Pendaftaran

Formulir yang sudah kalian ambil tadi untuk selanjutnya bisa kalian isi dengan benar serta lengkap. Jangan lupa juga untuk menandatangani formulir tersebut menggunakan materai Rp6.000 oleh pemilik usaha tadi. Kemudian formulir yang sudah terisi lengkap tadi jangan lupa untuk kalian fotocopy sebanyak 2 rangkap. Selanjutnya sertakan juga berkas persyaratan yang dibutuhkan. Jika kalian menggunakan jasa orang lain untuk melakukan pengurusan maka jangan lupa untuk menyertakan surat kuasa.

  • Biaya Pembuatan

Untuk biaya yang harus kalian keluarkan biasanya tergantung masing-masing dari kotamadya/kabupaten tersebut berbeda. Hal tersebut tergantung dari peraturan masing-masing wilayah.

  • Pengambilan SIUP

Untuk lama pembuatan biasanya memerlukan waktu selama dua minggu lamanya. Biasanya juga jika SIUP sudah selesai dibuat kalian akan dihubungi oleh petugas yang bersangkutan.

Keuntungan Memiliki Siup

Dengan memiliki SIUP ini tentu saja usaha yang kalian jalankan sudah terdaftar. Dengan adanya surat tersebut berarti secara hukum kalian sudah sah dalam menjalankan usaha tersebut. Jadi bisa dikatakan dengan adanya SIUP tadi bisa menunjang usaha perdagangan kalian. Jadi sudah dapat dipastikan dengan adanya SIUP tadi kalian bisa terhindar dari berbagai macam persoalan yang berhubungan dengan izin lokasi usaha. Dengan memiliki surat izin tersebut tentu akan lebih mudah bagi kalian untuk menyelesaikan berbagai macam masalah mengenai lokasi tadi. Jadi walaupun usaha kalian masih dalam skala yang kecil namun tidak ada salahnya untuk mengurus perizinan tadi.

Jangan beranggapan bahwa mengurus surat izin tersebut sangat merepotkan. Jika kalian berpikiran seperti itu maka selamanya kalian tidak pernah memilikinya. Maka dari itu sebelum memulai usaha sebaiknya luangkan waktu untuk mengurus segala macam bentuk perizinannya salah satunya SIUP ini. Cari informasi sebanyak-banyaknya sehingga kalian bisa mengetahui cara pembuatan surat izin ini dengan lebih mudah.