Spread the love

Kopi Toraja – Salah satu kopi terbaik di Indonesia adalah kopi Toraja. Kopi ini memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya terkenal di mancanegara. Berikut ini merupakan sejarah singkat, ciri khas yang kopi dari Tana Toraja dan rekomendasi pabrik kopi house blend Jogja. Yuk simak!

Sejarah Singkat Kopi Tana Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi yang berasal dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Menurut ahli sejarah, sejak abad 16 Toraja menjadi wilayah pertama yang menanam kopi di Sulawesi Selatan. Kopi ini dibawa oleh Kerajaan Gowa. Pada saat itu, Gowa dan Toraja memiliki hubungan yang cukup baik.

Saat itu, kopi menjadi minuman penamhan kekuatan untuk pasukan ditanam dan dikonsumsi untuk seluruh masyarakat. Minuman ini bukan menjadi minuman bangsawan. Pada abad 19, terjadi persaingan untuk menguasai perdagangan kopi. Persaingan terjadi antara kerajaan-kerajaan  yang berdiri kala itu.

Kata Toraja sendiri berasal dari bahasa Bugis yang berarti “orang yang berdiam di dataran tinggi”. Ini menjadi salah satu gambaran keadaan Tana Toraja yang berada diketinggian sekitar 1000 sampai 15000 mdpl. Lokasi dan kondisi udara yang cocook untuk menanam kopi.

Karakteristik Kopi Toraja

Kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan ini memiliki karakteristik yang khas. Kekhasan inilah yang menjadi salah satu kopi ini menjadi kopi terbaik milik Indonesia.

Secara fisik kopi ini mudah dikenal. Ia memiliki warna coklat tua dengan bentuk bijinya tidak beraturan. Berbeda dengan kopi Indonesia lainnya, secara rasa terdapat rasa buah dan after tastenya tidak terlalu pahit.

Kopi ini juga memiliki aroma yang tergolong sangat kuat. aroma yang dihasilkan adalah aroma rempah. Mengapa demikian, karena tanaman ini ditanam berdekatan dengan tanaman rempah.

Proses pengolahan pasca panen, kopi diolah dengan metode giling basah. Kopi disangrai dan disimpan supaya benar-benar dingin sehingga dapat mengeluarkan karakternya secara maksimal.

Jenis-Jenis Kopi Toraja

Seperti yang diketahui bahwa didunia ini terdapat beberapa jenis kopi. Kopi yang paling terkenal adalah jenis arabika dan robusta. Begitupun kopi Toraja yang ternyata memiliki beberapa jenis kopi. Padahal biasanya, kopi disuatu daerah hanya memiliki satu jenis kopi.

  • Kopi Robusta Toraja

Kopi Robusta Toraja memiliki aftertaste yang lebih pahit dibandingkan arabika. Rasa pahit ditimbulkan oleh kandungan kafein yang dua kali lipat lebih banyak. Tapi disisi lain, kopi jenis ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. jelas ini menjadi kelebihan kopi ini. Mengingat bahwa antioksidan sangat baik untuk tubuh.

  • Kopi Arabika Toraja

Karakter kopi Toraja yang kuat ditambah karakter arabika yang ringan dan tidak terlalu pahit menjadi alasan kopi ini digemari diseluruh dunia. Sebenarnya di luar sana kopi ini lebih dikenal dengan kopi arabika. Di tempat asalnya, kopi ini ditanam dengan kontur tanah dan ketinggian yang sesuai, sehingga dapat tumbuh subur dan memiliki kualitas yang sangat baik.

Nah, jika Anda penasaran dengan kenikmatan kopi ini, segera dapatkan di Coday Coffee Lab & Roastery. Disana menjual berbagai jenis kopi termasuk kopi Toraja. Kopi yang dijual disana merupakan kopi hasil roastingan profesor kopi dan yang paling penting, harganya sangat terjangkau.