Spread the love

Sejauh ini, konsultasi dan juga bantuan hukum gratis lebih identik dengan LBH (Lembaga Bantuan Hukum) yang bertempat di Jakarta. Namun, ada juga barisan pengacara berhati mulia yang siap memberikan hal yang sama. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah sosok Ina Herawati Rachman SH, MH.

ina rachman qnet

Dengan adanya bantuan hukum gratis ini, maka Ina ingin mengabdi dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak memahami hukum terutama untuk kasus perceraian. Selain itu, dengan bantuan hukum ini, maka masyarakat tidak selalu mempersepsikan jasa dari pengacara selalu menggunakan biaya.

Konsultasi dan bantuan hukum gratis diharapkan bisa membantu dan bermanfaat untuk masyarakat. Serta sejalan dengan jiwa advokat yang berhati mulia untuk hadir dan memberikan bantuan. Advokat harus belajar dari Ina untuk memiliki prinsip kerja dengan memberi bantuan untuk orang yang membutuhkan.

ina rachman tersangka qnet

 

Ina memang cenderung memberikan bantuan hukum untuk perempuan yang menghadapi kasus perceraian. Sebab, banyak perempuan yang tidak memahami cara menjalani persidangan dan cenderung menjadi korban yang mengalami ketidakadilan dan kerugian. Sehingga, dengan bantuan konsultasi hukum Ina akan mempermudah perempuan dalam mencari keadilan.

Perceraian dan Langkah Mengajukan Gugatan ke Pengadilan

Ina memiliki alasan tersendiri mengapa memberikan bantuan hukum gratis pada kasus perceraian. Pasalnya, Ina sendiri pernah mengalami dua kali perceraian yang pahit. Baginya, perceraian adalah musibah sehingga ia ingin menggunakan keahlian dan ilmunya untuk membantu meringankan berbagai hal yang tidak seharusnya terjadi pada kaum perempuan.

ina rachman tersangka qnet

Sebab, dalam berbagai kasus perceraian, perempuan cenderung dirugikan. Selain itu, perempuan rentan menjadi korban dari kekerasan yang menyebabkan perceraian.

Perceraian sendiri memiliki arti berakhirnya pernikahan diantara istri dan suami. Suami serta istri bisa mengajukan gugatan cerai pada pengadilan. Saat kasus ditangani sebelum mencapai ketuk palu cerai, terdapat tahapan-tahapan yang mesti dilalui.

ina rachman qnet

Yakni meliputi mediasi, menghadirkan saksi, dan apabila alasan pisah bisa diterima, pengadilan pun dapat mengabulkan gugatan tersebut. Dalam hukum, perceraian diatur UU nomor 1 Tahun 1974 mengenai perkawinan. Sidang akan dilanjutkan jika kedua pihak sudah sepakat menandatangani surat cerai serta melengkapi semua syarat yang dibutuhkan.

Untuk mengajukan perceraian, maka ada beberapa langkah yang mesti dilakukan, yakni:

  1. Mempersiapkan dokumen

Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan dalam pengajuan gugatan cerai meliputi: fc surat nikah, surat nikah asli, fc KTP penggugat, surat keterangan kelurahan, fc KK, fc akta kelahiran anak, serta meterai.

Apabila ingin menggugat harta gono-gini, maka siapkan juga berkas surat sertifikat tanah BPKB, dan dokumen harta lain.

  1. Mendaftarkan Gugatan ke Pengadilan

Setelah semua dokumen telah dipersiapkan, sila mulai mendaftar pada Pengadilan Negeri atau Pengadilan Agama. Dalam mendaftarkan gugatan cerai, maka harus ke pengadilan pada wilayah kediaman pihak yang tergugat. Apabila istri akan menggugat suami, maka istri harus mengajukan gugatan pada pengadilan dimana suami berdomisili.

  1. Membuat Surat Gugatan

Saat tiba di pengadilan, maka Anda dapat menuju ke bantuan hukum pada pengadilan untuk membuat surat gugatan. Di dalamnya harus tercantum alasan yang bisa diterima pengadilan.

  1. Mempersiapkan Biaya Perceraian

Ada biaya-biaya yang harus dibayarkan seperti pendaftaran, ATK, biaya redaksi, serta biaya panggilan sidang.

  1. Mengetahui Tata Cara Persidangan

Dua pihak yang akan bercerai akan mengikuti proses medias. Sehingga, dua pihak dapat damai serta menarik gugatan. Apabila pihak tergugat tidak menghadiri panggilan, maka pengadilan dapat membuat amar putusan yang berisi pemutusan sah antara suami serta istri.

  1. Mempersiapkan Saksi

Gugatan cerai juga bisa berjalan lancar jika ada saksi yang bisa memperkuat alasan perceraian.

Apabila masih bingung, Anda dapat meminta bantuan hukum dari berbagai pihak yang menyediakan bantuan hukum gratis. Dengan begitu, semua masalah perceraian akan berjalan lancar.

Ina Rachman menyadari banyak perempuan yang membutuhkan bantuannya untuk mengatasi masalah rumah tangga dengan perceraian. Dengan adanya pengacara, maka Anda memiliki shield dalam perlindungan diri dari ancaman yang mungkin datang dari pasangan.

Pengacara berhati mulia seperti Ina Rachman memang sangat dibutuhkan di Indonesia. Pasalnya, banyak orang yang masih belum memahami persoalan hukum terkait dengan perceraian. Pun, bisa membantu perempuan untuk bisa mendapatkan keadilan dalam rumah tangga.