Spread the love

Ina Rachman – Seiring dengan waktu yang terus berjalan, perempuan diberikan lebih banyak ruang untuk berkreasi. Tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, perempuan islami pun mendapatkan tempat yang setara dengan kaum laki-laki. Sehingga, banyak tokoh muslimah inspiratif yang muncul. Serta dapat memotivasi lebih banyak kaum hawa untuk lebih berprestasi.

ina rachman qnet

Perempuan sudah mulai menunjukkan eksistensinya di dunia ini dengan berprestasi di berbagai bidang. Salah satunya di bidang hukum. Indonesia sendiri memiliki sederet nama advokat perempuan yang prestasinya membanggakan.

Tercatat sebagai managing director sekaligus founder Ina Rachman-Mulyaharja & Associates Law Firm, perempuan bernama lengkap Ina Herawati Rachman SH, MH mampu membawahi advokat lain baik laki-laki maupun perempuan. Ia membuktikan bahwa perempuan Islami tidak lagi terkungkung oleh aturan agama yang hanya dipahami secara tekstual saja.

ina rachman qnet

Ketua Komunitas Pedas (Perempuan Cerdas NKRI)

Aktivitas yang padat di bidang hukum tak membuat Ina Rachman kehilangan rasa peduli pada sesama. Meskipun waktu yang dimilikinya tidak banyak, tetapi Ina selalu menyempatkan waktu untuk melakukan kegiatan sosial. Melalui komunitas Pedas, Ina dan sahabatnya berbagai pada sesama.

ina rachman qnet

Komunitas Pedas NKRI sendiri lahir dengan latar belakang aksi 4 November dan 2 Desember 2016. Pada awalnya, Ina yang telah diberi amanah sebagai ketuanya melakukan kegiatan berbagi konsumsi pada peserta GNPFMUI.

Setelah terbentuk Pedas NKRI, komunitas ini juga melakukan serangkaian bakti sosial. Aktivitas yang dijalankan meliputi membantu korban banjir di Kali Ciliwung, kebaran, longsor, pasien di rumah sakit, serta terakhir terjun langsung membantu korban banjir di Jakarta.

ina rachman qnet

Tak hanya itu saja, Ina dan Pedas NKRI juga melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan isu perempuan. Komunitas ini memiliki kepedulian yang tinggi pada nasib kaum hawa. Bahkan, cita-cita jangka panjang yang Ina canangkan adalah mempunyai crisis center, woman and children protection.

Komunitas ini membuka pendaftaran untuk siapa saja yang ingin berbagi. Sebab, Pedas NKRI murni ditujukan untuk kegiatan sosial semata.

Sukses Sebagai Pengacara

Kepedulian yang Ina Rachman miliki sudah jarang ada pada advokat sukses sepertinya. Ina merupakan pengacara yang kerap muncul di layar kaca. Ia merupakan kuasa hukum dari beberapa artis. Mulai dari Marcella Zalianty, Eddies Adellia, Elma Theana, Risty Tagor, istri Ustadz Zakky Mirza, hingga istri Opick.

Tak hanya itu, Ina pun sukses menangani banyak kasus besar seperti Majalah Playboy, Kasus Batubara PT Garda Tujuh Buana, dan juga kasus suap Nunun Nurbaetie. Kesuksesan perempuan Islami ini menggebrak stigma bahwa kaum wanita hanya layak untuk berada di dalam rumah saja.

Ternyata, perempuan pun bisa memiliki firma hukum sendiri. Pun, menjadi pemimpin yang disegani. Perempuan memang sama-sama memiliki potensi untuk melayani. Namun, dalam hal ini melayani hal yang lebih luas lagi. Kiprahnya untuk dunia hukum sudah tidak perlu diragukan lagi.

Managing Partner di Maestro Patent International

Selain menjadi managing director, Ina Rachman juga merangkap sebagai managing partner di Maestro Patent International. Firma hukum yang melayani bantuan hukum pendaftaran paten, desain industri, desain perusahaan, dan pendaftaran perusahaan MLM ini didirikannya bersama dengan rekan bernama Mulyaharja.

Firma hukum ini menangani perkara Hak Kekayaan Intelektual di skala nasional hingga internasional. Beberapa perkara yang sudah ditangani oleh Ina dan timnya meliputi perkara merek Cesare Paciotti, Giordano, Little Trees, Epiderma, Lorenzo, Del Monte, WD-40, Drum, Head, Cravox, Epiderma, FCUK, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk perkara paten, firma hukum Ina pernah melayani paten penyaring sampah otomatis, paten habitat, paten pompa pasir, paten desain industri parabola, dan sebagainya. Untuk perkara desain industri, Ina juga membantu beberapa perusahaan yang meliputi desain kereta sorong SUN serta desain saklar BROCO, dan sebagainya.

Tak hanya itu saja, Ina pun berpengalaman dalam membantu pengurusan dokumen dan juga perizinan perusahaan. Perusahaan ini meliputi yang ada dalam negeri maupun perusahaan asing.

Perempuan Islami memang sudah selayaknya memperluas pengetahuan dan pendidikan. Sehingga, kualitas dari Islam sendiri semakin baik. Lebih krusial lagi, perempuan akan menyumbangkan peran dalam membangun peradaban dengan lebih baik lagi.

Sumber: https://cantik.tempo.co/read/868563/kartini-pedas-yang-lahir-di-aksi-212/full&view=ok